Perempuan Masa Kini Tak Bisa Memasak dan Menyetrika

Written on February 22, 2011 – 11:24 am | by Aris Rinaldi | tags , , , |

Selasa, 22/2/2011 | 06:14 WIB

KOMPAS.com – Perempuan saat ini semakin berdaya, dan mampu bersaing dalam karier. Perusahaan tak ragu menempatkan perempuan di level manajerial dengan gaji yang tinggi. Sayangnya, tak banyak dari kaum perempuan masa kini yang mampu melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak atau bersih-bersih.

Para peneliti mengatakan, hanya 51 persen perempuan di bawah 30 tahun yang bisa memasak sesuatu yang dipanggang, dan hanya 82 persen dari perempuan yang lahir dari era baby boomer yang tahu pasti cara memasaknya.

“Perempuan masa kini cenderung lebih sibuk, harus menanggung peran ganda, dan cukup siap berkompromi dengan pekerjaan rumah tangga untuk menghemat waktu,” jelas peneliti sosial, Mark McCrindle, pada Courier-Mai Australia.

Ia menambahkan, karena sekarang sudah banyak tempat laundry dan toko kue, kaum perempuan merasa tidak perlu membuat kue atau menyetrika pakaian sendiri.

“Kita hidup dalam budaya dimana, ketimbang memperbaiki sesuatu -meskipun itu cuma menisik atau memasang kancing yang lepas- lebih baik kita membeli yang baru,” tukasnya. “Sepertinya, banyak perempuan yang akhirnya kehilangan kemampuan ini. Bila ada sesuatu yang ingin dibetulkan, perempuan masa kini akan mengirimnya ke drycleaner saja, karena mereka sibuk dan tidak mampu melakukannya.”

Lucunya, meskipun perempuan tak menguasai lagi ketrampilan yang feminin seperti memasak atau menyetrika, kini mereka lebih mampu mengerjakan tugas-tugas yang maskulin. Penelitian yang sama menunjukkan, lebih dari 70 persen perempuan di bawah 30 tahun yang biasa membuang sampah, memotong rumput, atau mencuci mobilnya sendiri.

Nah, hal inilah yang perlu dipertanyakan. Apakah tugas-tugas yang khas dilakukan kaum perempuan memang lebih sulit dikerjakan, atau membutuhkan ketrampilan khusus (memasak atau menyetrika hingga licin, misalnya)? Ataukah mereka hanya tak ingin memilih antara pekerjaan maskulin dan feminin, dan mengerjakan apa yang mereka kuasai saja? Bagaimana dengan Anda sendiri? Apa pekerjaan rumah tangga yang masih Anda lakukan sendiri?

best qoute

” seorang suami sangat senang sekali jika sang istri bisa memasak, apapun jenisnya dan rasanya “

 

Related Posts

Put your related posts code here

  1. 3 Responses to “Perempuan Masa Kini Tak Bisa Memasak dan Menyetrika”

  2. By Lowongan Kerja Cpns on Feb 22, 2011 | Reply

    Salam damai n sejahtera Aris Rinaldi, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

  3. By Aris Rinaldi on Feb 23, 2011 | Reply

    terima kasih atas sarannya, untuk template yang sekarang saya tidak memakai link on twitter, FB dan feedburner ataupun socoal directory, bukan ga mau sih, tapi belum ngerti aja. hhe

    salam kenal

  4. By Iklan Lowongan Kerja on Feb 24, 2011 | Reply

    Salam damai n sejahtera Aris Rinaldi, posting yang informative. Kl blh ksh saran, akan lebih baik jika postingnya direkomendasikan di berbagai social directory, feedburner, dsb, agar bs bermanfaat untuk pembaca yang lebih luas, salam kenal, feel good, sukses selalu.

Post a Comment

About Me

Here I'll share my knowledge, discovery and experience related to my hobby and work. Most articles on this site are related to my travelling experiences More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Memorizing Like an Elephant