Rencana Tindak Darurat Bendungan

Written on March 5, 2020 – 1:21 pm | by Aris Rinaldi | tags , , |

Selamat berjumpa kembali dengan tulisan ringan blog arishms.com, kali ini kita akan membahas tentang Rencana Tindak Darurat (disingkat RTD). Menurut [1], pengertian Rencana Tindak Darurat adalah panduan yang memberikan petunjuk tindakan darurat yang harus dilaksanakan dalam wilayah rawan terhadap bahaya bila ada keruntuhan bendungan dan atau terjadinya keluaran air yang melebihi kapasitas sungai.

Sebagai studi kasus adalah RTD Bendungan Nadra Krenceng milik PT Krakatau Tirta Industri, yang telah dilakukan sosialisasi/diseminasi update RTD. Maksud kegiatan tersebut adalah untuk menjelaskan dan mengkomunikasikan panduan RTD Bendungan kepada stake holder dan masyarakat yang berisiko terkena bencana bila terjadi keruntuhan Bendungan Nadra Krenceng di Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Gambar 1. Sambutan oleh Walikota Cilegon, Drs. H. Edi Ariadi, M.Si
Gambar 2 . Peserta sosialisasi/diseminasi update RTD Bendungan Nadra Krenceng yang berasal dari berbagai stake holder terkait

Lalu, juga dilakukan pengesahan dokumen RTD Bendungan Nadra Krenceng di Cilegon oleh Walikota Cilegon, Dirut PT Krakatau Tirta Industri, dan Kepala BBWS Cidanau Ciujung Cidurian. Sebagai kelanjutan dari pengesahan dokumen tersebut dilakukan penjelasan dan pengarahan kepada instansi terkait dan masyarakat yang berisiko terkena bencana keruntuhan Bendungan Nadra Krenceng agar dapat memahami kegiatan pengamanan keluar dari daerah bencana.

Semoga tulisan ringkas ini mencerahkan.

Ig: @arisandroo

Referensi:

  1. Pedoman Penyiapan Rencana Tindak Darurat
  2. Permen PUPR No. 27 Tahun 2015 Tentang Bendungan
 

Related Posts

Put your related posts code here

Post a Comment

About Me

Here I'll share my knowledge, discovery and experience related to my hobby and work. Most articles on this site are related to my travelling experiences More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Memorizing Like an Elephant