Destinasi Masjid Hopping di Aceh

Written on January 5, 2017 – 1:06 am | by Aris Rinaldi | tags , , , , , , |


“Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dinobatkan sebagai Travellers’ Choice 2016 versi @tripadvisor ”

Pada ajang World Halal Tourism Awards 2016, Aceh didaulat sebagai World’s Best Halal Cultural Destination. Penghargaan tersebut cukup berasalan mengingat #Aceh memiliki budaya yang kental dengan nuansa Islamnya. Sebagai daerah tujuan budaya halal terbaik dunia, saya merekomendasikan “masjid hopping” sebagai wisata religi di daerah yang terkenal dengan sebutan Serambi Mekah ini, berikut destinasi masjid hopping versi saya :

Salah satu sudut Masjid Raya Baiturrahman

1. Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh
Masjid ini memiliki sejarah yang sangat panjang, dari zaman Kerajaan Aceh hingga bertahan dari tragedi dahsyat, tsunami di tahnu 2004. Masjid ini memilki bentuk struktural & arsitektural yang indah. Saat ini, Masjid ini dalam tahap renovasi, semoga saja tidak menghilangkan bentuk keindahan & nilai sejarahnya.

Suasana Salat Jumat di Masjid Agung Al Makmur ‘Oman’

2. Masjid Agung Al Makmur
Masjid Agung Al Makmur dikenal juga dengan sebutan Masjid Oman. Hal ini dikarenakan biaya pembangunannya dibiayai oleh Kesultanan Oman. Masjid ini merupakan salah satu destinasi masjid hopping Saya selama di Banda Aceh, suasana salat jumat di masjid ini sangat khusyuk & ramai.

Sisa Peninggalan Tsunami Di Masjid Rahmatullah Lampuuk

3. Masjid Rahmatullah Lampuuk
Masjid Rahmatullah merupakan situs besejarah untuk mengenang tragedi tsunami 26 Desember 2004. Selepas kejadian tsunami tersebut, seluruh bangunan rumah & perkampungan penduduk sekitar rata dengan tanah & hanya menyisakan Masjid Rahmatullah. Saat ini, masjid ini telah direnovasi dengan bantuan masyarakat & pemerintah Turki. Bagian dalam masjid terdapat tiang masjid yang rusak akibat tsunami, yang sengaja dibiarkan sebagai bukti nyata dahsyatnya peristiwa tsunami Aceh di tahun 2004.

4. Masjid Baitul Musyahadah
Masjid Baitul Musyahadah/Masjid Teuku Umar merupakan masjid yang memiliki keunikan tersendiri. Masjid ini memiliki kubah yang unik, bebentuk ‘peci’ khas peci/kopiah Pahlawan Nasional Teuku Umar.

Melaksanakan Solat Magrib di Masjid Terbersih dan Paling Tertib di Banda Aceh, Lamgugob

5. Masjid Lamgugob
Masjid Lamgugob/Masjid Syuhada merupakan masjid yang megah di Gampong Lamgugob, Kecamatan Syah Kuala. Masjid ini ditetapkan sebagai masjid yang paling bersih dan paling tertib di Kota Banda Aceh.

Masjid hopping menjadi daya tarik saya sendiri baik ketika travelling di dalam maupun luar negeri. Sekian destinasi masjid hopping saya di Kota Banda Aceh dan sekitarnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

find more my article reviews on TripAdvisor | via @arishms | ig : arisandroo

email : aris.itb@gmail.com

 

Related Posts

Put your related posts code here

Post a Comment

About Me

Here I'll share my knowledge, discovery and experience related to my hobby and work. Most articles on this site are related to my travelling experiences More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Memorizing Like an Elephant