[2013 Singkawang Trip] Tugu Katulistiwa

Written on August 20, 2013 – 10:13 am | by Aris Rinaldi | tags , , , , |

20130817_135719

Tugu titik nol derajat Indonesia

[ Tugu Khatulistiwa  berada pada 0 derajat, 0 menit, 3,809 detik lintang utara dan 109 derajat, 19 menit, 19,9 detik bujur timur ]

Update blog lagi, hmmm…cukup lama juga ya vakum dari dunia blogging. Posting kali ini terkait sharing pengalaman #beachpaker Singkawang Trip dengan Rute Kubu Raya – Pontianak Kota – Mempawah – Bengkayang – Singkawang. Rutenya melalui Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument  yang berada di Jalan Katulistiwa, Pontianak Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Lokasinya berada sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak, ke arah kota Mempawah. Tugu ini menjadi salah satu destinasi wisata di bumi borneo dan menjadi ikon utama Kota Pontianak.

Sejarah

Sejarah mengenai pembangunan tugu ini dapat dibaca pada catatan yang terdapat di dalam gedung.

Catatan pada Tugu Khatulistiwa

Dalam catatan tersebut disebutkan bahwa : Berdasarkan catatan yang diperoleh pada tahun 1941 dari V. en. W oleh Opzichter Wiese dikutip dari Bijdragen tot de geographie dari Chef Van den topographischen dienst in Nederlandsch- Indië : Den 31 sten Maart 1928 telah datang di Pontianak satu ekspedisi Internasional yang dipimpin oleh seorang ahli Geografi berkebangsaanBelanda untuk menentukan titik/tonggak garis equator di kota Pontianak dengan konstruksi sebagai berikut :

a. Tugu pertama dibangun tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah.

b. Tahun 1930 disempurnakan, berbentuk tonggak dengan lingkarang dan anak panah.

c. Tahun 1938 dibangun kembali dengan penyempurnaan oleh opzicter / architech Silaban. Tugu asli tersebut dapat dilihat pada bagian dalam.

d. Tahun tahun 1990, kembali Tugu Khatulistiwa tersebut direnovasi dengan pembuatan kubah untuk melindungi tugu asli serta pembuatan duplikat tugu dengan ukuran lima kali lebih besar dari tugu yang aslinya. Peresmiannya pada tanggal 21 September1991.

Sumber : Wikipedia

Hal yang unik dan menarik dari Tugu Katulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari, yakni fenomena alam ketika Matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Pada peristiwa kulminasi tersebut, bayangan tugu akan “menghilang” beberapa detik saat diterpa sinar Matahari. Demikian juga dengan bayangan benda-benda lain disekitar tugu termasuk bayangan kamu. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Peristiwa alam ini menjadi event tahunan kota Pontianak yang menarik kedatangan wisatawan baik domestik maupun International.

20130817_140244

Pontianak, 17 agustus 2013

Merdeka itu adalah move on dari hati yang dijajah masa lalu loh

| Next

 

Related Posts

Put your related posts code here

  1. 2 Responses to “[2013 Singkawang Trip] Tugu Katulistiwa”

  2. By salopajimhe on Aug 28, 2013 | Reply

    ris, muka mu berubah…. wk wk….

  3. By Aris Rinaldi on Oct 11, 2013 | Reply

    @salopajimhe : beda gimana bro? kelamaan di bangka belitung sih ente dan haha

Post a Comment

About Me

Here I'll share my knowledge, discovery and experience related to my hobby and work. Most articles on this site are related to my travelling experiences More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Memorizing Like an Elephant