[Java Tour] Ujung Gelam

Written on December 28, 2012 – 9:57 pm | by Aris Rinaldi | tags , , , , , , , |

Day 3 | 22 Desember 2012

previous : http://arishms.com/2012/12/java-tour-selalu-ada-cara-ke-karimun-jawa/

Pukul 13.00, jauh lebih cepat dari kapal KM Muria yang berangkat lebih awal dari kapal Bahari Express. Sesampainya di Pulau Karimun Jawa, kita langsung nyari tiket balik ke Jepara untuk keesokan harinya. Kita hanya stay 2 hari 1 malam saja, mengingat teman kita @iqbal_nurman sudah harus masuk hutan lagi di hari senin malam #nasibpekerjatambang.

Setelah mendapatkan tiket kapal, kita langsung nyari penginapan. Cukup banyak penginapan yang tersedia disini, so jangan takut juga tidur di mesjid. Btw, kita belum dapat info penginapan di sini, jadi kita nanya ke agen tiket kapal dan diantar ke salah satu penginapan yang ada disana, tidak terlalu jauh dari pelabuhan. Dafista! beruntung kita dapat penginapan ini dan kedepannya, ibu dan anaknya sangat membantu kita selama di Karimun Jawa.

Overall, penginapan/homestay layaknya rumah warga yang disewakan perkamarnya, bisa dipilih mau pake ac apa kipas angin, kamar mandi dalam apa diluar. Ada beberapa penginapan yang telah mengarah ke bungalow atau hotel. Karna kita sampainya siang, snorkling siang hari tidak cukup segar. Kita memutuskan untuk menyewa sepeda motor untuk mutar-mutar pulau dan sampailah kita pada pantai Ujung Gelam, kurang lebih +5km dari pelabuhan dengan aspal yang cukup baik.

Karimun Jawa cukup maju menurut saya, listrik dibatasi dari pukul 6 malam sampai 6 pagi mengingat pembangkit listik di pulau ini menggunakan tenaga diesel. Alternatif penerangan jalan menggunakan lampu tenaga solar cell di sepanjang salan, super sekali. Saya tidak dapat menemukan ini di Kalimantan khususnya Tanjung, Kab Tabalong, kabupaten yang sering padam di tengah kayanya sumber daya batubaranya. Infrastruktur jalan cukup baik dan perumahan warga sudah menggunakan plesteran semen. Banyak sekolah di pulau ini dari tingkatan dasar sampai menengah atas, semoga ada gurunya ya!

Aris-Mancing

@merleesan

pantai ujung gelam

Terima Kasih

@arishms | bandung | sembari nuggu pengumuman lomba blog pertamina

next : http://arishms.com/2012/12/java-tour-menjangan-besar-dan-menjangan-kecil/

Info

– Sewa sepeda motor 75rebu sehari | setengah hari 65rebu. Mungkin bisa nego bro, lebih mahal dari Bali

– Penginapan kamar mandi dalam 100rebu, kamar mandi luar 80rebu. Non include breakfast | Bisa buat bertiga tergantung kamar *harga dafista