Archive for September 4th, 2010

KH Agus Salim

Saturday, September 4th, 2010

KH Agus Salim dilahirkan di kota Gadang, Bukittinggi, tahun 1885 dan wafat di Jakarta tahun 1954. Ketika dilahirkan, beliau diberi nama Masyudul Haq oleh ayah beliau, Sutan Mohammad Salim, dimana sang ayah memberi nama tersebut karena terinspirasi dari seorang tokoh dari sebuah buku yg pernah dibaca oleh sang ayah. Adapun nama tersebut berarti “pembela kebenaran”. Lalu mengapa beliau dikenal dengan nama Agus Salim? Ketika beliau masih kecil, oleh seorang pembantu asal Jawa, beliau dipanggil “den bagus” lalu diperpendek jadi “gus” dan akhirnya teman-teman serta gurunya pun ikut memenggil beliau “Agus”. Adapun nama Salim adalah nama belakang ayahnya.

cerita unik tentang K.H.Agus Salim

Beliau adalah salah satu pejuang diplomasi kedaulatan kemerdekaan Indonesia yang terkenal di dunia internasional. Pada suatu saat, beliau mewakili Presiden Soekarno menghadiri upacara penobatan Ratu Inggris Elizabeth tahun 1953, beliau agak kesal karena suami ratu, Pangeran Phillip kurang perhatian terhadap tamu-tamu asing yang datang dari jauh. Beliau membakar lalu menghisap rokok kreteknya kemudian menghampiri Pangeran Phillip. Beliau lalu mengayun-ayunkan rokok kreteknya di sekitar hidung pangeran. Lalu bertanya :

Qoute:”Apakah Paduka mengenali aroma rokok ini?”

Dengan ragu-ragu menghirup aroma rokok itu, sang pangeran mengakui tidak mengenal aroma tersebut. KH Agus salim tersenyum dan berujar,

Quote: “Karena aroma rokok inilah, 300 atau 400 tahun yang lalu bangsa Paduka mengarungi lautan mendatangi negeri saya”.

Maka susasana pun mulai mencair dan akhirnya sang pangeran dengan sangat ramah meladeni tamunya

link : kaskus.us

Catatan Aris:

banggalah saya sebagai orang padang euy, ini kisah heroik bagi saya selain Tan Malaka ” si bapak republik yang terlupak tentunya”.

Dima kampuang da? ^^b

Minta Sedekah Dong Gan!!!

Saturday, September 4th, 2010

Promo Aris Cell : setiap  Rp.100,- keuntungan transaksi di aris cell selama bulan ramadhan akan disedahkan untuk kegiatan amal.

opsi :

– sedekah di mesjid

– bantuan untuk korban sinabung

semoga bermanfaat ^^b

pahala bukan dinilai dengan besar kecilnya suatu sedekah atau sumbangan, tetepi keikhlasannya – gw “

btw, kalo visit blog gw…jangan lupa klik banner yang disamping ya.haha

Dwilogi Padang Bulan By Andrea Hirata

Saturday, September 4th, 2010

Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas

Buku ini memakai format yang berbeda karena ada dua buku (dwilogi) yang dijadikan dalam 1 buku dengan format sampul yang kalo orang awam akan bilang buku ini ‘aneh’ karena judulnya terbalik-balik. Tapi sebenarnya tidak, karena sebenarnya buku ini menjadi buku yang sangat bagus. Aku akan memcoba mengupas buku yang pertama ‘Padang Bulan’

Novel Pertama

Dalam cerita ini ikal dan teman-temannya melakukan hal-hal konyol yang kadang kala kelihatan sangat bodoh dan ga masuk akal. Karena dibakar cemburu tingkat tinggi, Ikal harus mempertaruhkan segalanya untuk menyatakan bahwa dirinya lebih jago dibandingkan dengan Zinar. Siapa Zinar? Zinar adalah cowok yang digosipkan akan menjadi calon suami untuk Aling. Padahal sebenarnya semua teori-teori Ikal dan rombongannya adalah suatu kesalahan besar.

Buku ini masih mengemas tindakan konyol ala orang melayu pada umumnya. Banyak tokoh-tokoh baru yang diperkenalkan dalam buku ini, seperti Detektif M. Nur, Maryamah, Jose Rizal, Paman Ikal. Mereka adalah tokoh-tokoh yang sangat konyol dan tidak masuk akal. Tapi benar-benar lucu sekali.

Dalam bagian ini menggabungkan antara perjuangan, tekat besar dan ambisi. Tetap dengan penggambaran meraih mimi seperti buku Andrea Hirata yang lainnya, buku ini juga masih dengan bumbu-bumbu seperti ini. Hanya dalam buku ini, lebih menjadi cerpen dari masing-masing karakter yang berhubungan. Contohnya penggambaran Maryamah di awal cerita dan bagimana perjuangannya sehingga harus menjadi penambang timah wanita pertama. Tapi yang membuat aku bingung adalah dalam buku keempat lascar pelangi, sosok Maryamah adalah seorang wanita pemain biola, tapi dalam buku ini apalagi dalam buku ‘Cinta di Dalam Gelas’ sosok maryamah tidak ada hubungannya dengan biola.

Cinta di dalam gelas

Buku Kedua

Dibandingkan dengan buku yang pertama, aku lebih suka buku yang kedua ini. Cinta di dalam gelas. Dalam buku ini aku kemali mengangumi Andrea Hirata karena berhasil memasukkan arti filosofi kopi dan catur menurut sudut pandang “Melayu’ dan “Fiksi”. Mengapa aku bisa bilang begitu?

Kopi. Banyak buku yang aku baca, Novel matsudnya. Memasukkan arti kopi dengan makna yang ekslusif dan mahal. Kopi dicampur dengan mocca, latte, susu misalnya buku Coffee Prince. Bagaimana makna kopi dan pembuat kopi menjadi satu cita rasa yang khas. Dan di dalam buku ini kembali aku menyukai Andrea yang menjadikan cara meminum kopi orang Melayu menjadi sangat indah dan mengasikkan sekali. Bagaimana tidak? Ikal membuat buku besar peminum kopi dengan makna takaran dari masing-masing orang dan makna cara memegang gelas. Lucu deh.

Yang paling menarik adalah bagaimana Ikal menjelaskan catur itu seperti apa. Aku ketika SD pernah ikut pertandingan catur dalam rangka 17 agustusan juga. Jadi bisa dibilang aku memahami bagaimana memainkan catur, tapi yang tidak aku pahami adalah makna besar di dalamnya.

Seorang Maryamah menjadi pemain catur yang sangat baik karena dengan catur dia bisa mengendalikan semuanya dalam kontrolnya. Ini sangat kontradiksi dengan jalan hidup Maryamah dimana sejak ayahnya meninggal sepertinya dia tidak kebebasan untuk memilih jalan hidupnya, tapi nasib yang harus mengatur kehidupannya sulitnya. Mulai harus menjadi pendulang timah dalam usia kediniaannya, menikah dengan orang yang berbuat jahat padanya sampai harus bercerai dengan cara dihianati dengan kejam oleh suaminya sendiri.

Itulah makna catur. Pemain catur bisa menciptakan nasib sendiri bagi kerajaannya. Andrea memasukkan sisi fiktif dalam catur. Dalam pertandingan catur yang harus dilewati oleh Maryamah, dia bisa menjadikan catur sama dengan pertandingan Harry Potter melawan musuhnya. Dengan kesan hayalan yang indah sekali.

Buku ini menjadi buku terbaik karena mengajarkan kita dengan yang namanya kemauan dan usaha. Maryamah seorang wanita yang tidak mengetahui apa itu catur bisa menjadi pemain catur ‘master’ karena ada kemauan dan usaha untuk membuktikan bahwa dia bisa mempermalukan mantan suaminya.

link : http://friskamagdalena.wordpress.com

Catatan Aris :

kayaknya bakal best seller seperti  tetralogy laskar pelangi sebelumnya, saya belum baca dan mungkin akan membacanya dalam waktu dekat.

Salam Andre Hirata, Laskar Pelangi – tulisan andrea di jahim saya ^^b

selamat jalan Pak…. terimakasih….

Saturday, September 4th, 2010

rasanya baru kemarin Bapaknya bilang mau ke Prancis,

rasanya baru kemarin Bapaknya nanya seperti biasa: “TA kamu gimana?”

rasanya baru kemarin Bapaknya pesen: “Selesein dulu TA kamu, baru bela negara!”

rasanya baru kemarin Bapaknya komen: “Emangnya saya makan orang?”

rasanya baru kemarin Bapaknya ngeledek: “vins vins, kapan kamu kurus?”, “mau nambah makan?”, “kamu udah punya kaos *sumpah saya pernah kurus?*”

rasanya baru kemarin Bapaknya ngingetin buat nyelesein sedikit yang bisa dikerjakan..

rasanya baru kemarin Bapaknya dengan tulus ngajak ikut dengan beliau supaya bisa banyak belajar..

rasanya baru kemarin ngeliat Bapaknya ngebantu orang, memberi teladan yang tak terucapkan..

rasanya baru kemarin Bapaknya sama2 dengan kita dengan semua kata&laku yang mencairkan+mengakrabkan suasana..

dosen, sahabat, pembimbing, panutan:

Bapak Rudianto Ekawan

Kehadiran Bapak, memberi sukacita.

Kepergian Bapak, meninggalkan damai.

selamat jalan Pak.. trimakasih..

saya beruntung mengenal Bapak.. sangat beruntung..

link : facebook

ditulis oleh ria irene vince – tambang 06

Catatan Aris:

saya sendiri juga shock mendengar berita ini, secara paginya temen saya cerita tentang bapak ini yang mau menguji sidang anak tambang. temen saya juga anak dosen pembimbing dari bapak ini, sebut saja iqbal namanya.

Kematian itu pasti, tapi kapan? kita sebagai manusia hanya dapat berusaha maksimal di dalam hidup kita. turut berduka mendalam. semoga diterima disisiNya.

Anak Anak Kita Di Beranda Terdepan Nusantara di GFJA

Saturday, September 4th, 2010

Untitled-1

Rabu (11/8), Galeri Foto Jurnalistik Antara bekerja sama dengan Ekspedisi Garis Depan Nusantara menyelenggarakan pameran memperingati 65 Tahun Republik Indonesia. Anak Anak Kita di Beranda Terdepan Nusantara, tema pameran tersebut, digelar mulai 13 Agustus-13 September 2010.

Sebanyak 165 foto anak anak berbagai pulau terdepan dan lanskap tempat dimana mereka tinggal akan dipamerkan. Foto foto tersebut merupakan hasil penjelajahan Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara di 92 Pulau Terdepan di 18 Provinsi. 25, 545 Kilometer telah dilewati oleh Tim Ekspedisi Garis Depan Nusantara dengan waktu perjalanan selama 1.092 Hari.

Pembukaan pameran digelar pada hari Jumat, 13 Agustus 2010 Pukul 20.00WIB. Pameran dibuka oleh Kuntoro Mangkusubroto dan Akhmad Muklis Yusuf. Pertunjukan musik “Blues Untuk Kemerdekaan” juga digelar pada waktu yang sama, menampilkan Abah Iwan Abdurrahman dan Harry Pochang Blues Island.

Selain pameran, juga digelar “Friday Dialogue” yang mengetengahkan berbagai aspek mengenai pulau terdepan. Dialog budaya digelar pada Jumat, (20/8) dengan pembicara Taufik Rahzen, Anhar Gonggong, Prof. Primadi, dan Anies Baswedan. Dialog ekonomi digelar pada minggu kedua, Jumat (27/8) dengan pembicara Sandiaga Uno, Arifin Panigoro, Sarwoto Atmosutarto, dan HS Dillon. Terakhir Dialog Politik-Keamanan digelar Jumat (3/9) menampilkan pembicara Sarwono Kusumaatmadja, Endiartono Sutanto, Anas Urbaningrum, dan Erry Riyana Hardjapamekas. Friday Dialogue digelar setiap Jumat pukul 16.00 WIB hingga waktu berbuka puasa. Selain dialog, pertunjukan dari Keroncong Merah Putih dan Ary Juliant.

Link : http://www.92pulau.com/

Catatan Aris :

blog diatas sangat bagus sekali dalam menyadarkan kita akan pentingnya kontribusi nyata dalam mempertahankan kedaulatan. Patung soekarn0-hatta diatas dimaksudkan sebagai penguasaan kedaulatan secafa “efektif” dan menunjukkan bahwa kita berdaulat atas 92 pulau tersebut.

semoga bermanfaat ^^b

About Me

Here I'll share my knowledge, discovery and experience related to my hobby and work. Most articles on this site are related to my travelling experiences More

Want to subscribe?

 Subscribe in a reader Or, subscribe via email:
Enter your email address:  
Memorizing Like an Elephant